Minggu, 13 Oktober 2013

ENTEROBIUS VERMIKULARIS (CACING KREMI)



A.    PENGERTIAN CACING ENTEROBIUS VERMIKULARIS (CACING KREMI)
Cacing Kremi (Oksiuriasis, Enterobiasis) adalah suatu infeksi parasit yang terutama biasanya menyerang anak-anak, dimana cacing Enterobius vermicularis (cacing kremi) tumbuh dan berkembangbiak di dalam usus. Penyakit cacingan biasanya melanda orang-orang miskin yang sehari hari sulit mendapat makanan dan kadang hanya bisa mengais sampah di jalan-jalan dan menelan sisa makanan basi di tengah kerumunan lalat. Penyakit cacing yang disebabkan karena makanan yang tidak bersih inilah yang disebut penyakit cacing kremi. Cacing ini biasanya berkembang biak di perut dan terbuang bersama kotoran, jika bersarang di dubur akan menimbulkan lubang dubur terasa gatal karena biasanya cacing betina meninggalkan telurnya di lubang dubur tersebut.
Cacing kremi ini adalah salah satu jenis hewan yang biasa menjadi parasit bagi manusia. Dan yang paling sering di jangkiti oleh hewan parasit ini. Cacing kremi ini bentuknya bulat halus seperti benang dengan warna keputihan Cacing kremi betina berukuran 8-13 mm x 0,44 mm dengan ekor panjang dan runcing sedangkan cacing kremi jantan berukuran 2-5 mm dengan ekor melingkar (Bayangkan saja seperti parutan kelapa). Cacing ini biasa hidup didalam usus dan paling sering ditemukan pada pangkal usus bagian bawah (anus).

B.     KLASIFIKASI CACING ENTEROBIUS VERMIKULARIS (CACING KREMI)
Nama Parasit           : Enterobius vermicularis (dahulu Oxycuris vermicularis)
Sinonim                    : cacing kerawit, cacing benang, seatworm, cacing kremi
Klasifikasi E. vermicularis
Enterobius vermicularis dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Phylum            : Nematoda
Kelas               : Plasmidia
Ordo                : Rabtidia
Super family    : Oxyuroidea
Family             : Oxyuridea
Genus              : Enterobius
Species            : Enterobius vermicularis
Cacing ini diklasifikasikan dalam kelas Nemathelminthes, adalah cacing berbentuk benang, memiliki intestine, dan tidak memiliki proboscis.
Klasifikasi dari Nemathelminthes sebagai berikut :
1.      Kelas Nematoda
Tubuh silindris seperti benang
Contoh : Ascaris lumbricoides (Cacing Gelang), Necator americanus dan Ancylostoma duodenale (Cacing Tambang), Enterobius vermicularis (Cacing Kremi), dan Wucheria bancrofti (Penyebab kaki gajah).
2.      Kelas Nemtophora
Tubuh bulat kecil seperti rambut, disebut juga cacing rambut
                               Contoh : Nectonema sp dan Gordiust sp (parasit pada Arthopoda)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar