Senin, 10 Desember 2012

SEPUTAR TENTANG GALAU

Heeeeyyy sobaaatt!!!

Pernah ga sich denger kata GALAU??????
well... gue yakin loe semua pasti pernah denger kata itu, apalagi di kalangan anak muda yang hidup di tahun 2012 ini.
HA-HA-HAA kenapa gue tahu?? ya secara gue ngerasa hidup di kalangan anak muda tahun 2012. hehee

sebenernya denger kata galau itu ga penting sih yang penting itu loe..! loe..!! semuanya pasti pernah NGERASAIN yang namanya GALAU yang datang dari berbagai macam penjuru permasalahan!!! kenapa gue bisa tahu??? secara gue udah pengalamanlah.. ngerasain galau dari berbagai macam penjuru permasalahan!!

pengen tau defini GALAU??? pengen tau GALAU tu kayak gimana sih?? dan ada atau ga cara ngatasinnya??? kalo gitu yuuukk kita lanjuutt ke TKP!! (sorry kata 'galau' gue capslock soalnya biar rada gawat gt haha)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran);
ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau
Galau adalah suasana hati yang dimiliki seseorang karena resah, gelisah, cemas, takut, rindu, penasaran, kasmaran.
Galau itu salah satu gejolak jiwa, yang bilamana berlaku berulang-ulang dapat menyebabkan orang itu tak berdaya membebaskan diri dari semua perasaan itu.

Menurut Psikologi:

Galau : 1. ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau. sebuah keadaan dimana kejiwaan seseorang yang memiliki rasa kurang percaya pada sahabat-sahabatnya,diamana saat memiliki sebuah masalah yang cenderung pada hal percintaan, orang tersebut tidak mempercayai saran-saran dan keberadaan orang-orang terdekatnya, cenderung lebih mencintai kesendirian, kesakitan dan ketersesatan, merasa tidak (kurang) di perhatikan/dicintai oleh orang-orang di sekitar, mencari perhatian dan merasa patut di kasihani dengan melakukan aktifitas "update status" pada situs jejaring sosial dengan kalimat-kalimat yang bermakna sakit hati dan kekecewaan, tidak percaya sepenuhnya pada rencana TUHAN. ini sih menurut pandangan saya dengan berkaca pada diri sendiri ketika saya tersakiti oleh seseorang, benar atau salah silahkan komentar, rasa kurang percaya tersebut dimana seseorang lebih memilih mencari perhatian dan pembelaan terhadap kesakitan yang dia alami bukan dari orang-orang sekitar, keadaan galau itu di jadikan kosumsi publik agar mendapat perhatian, cape ah...besok aja di sambung lagi. (http://roni-sahala.blogspot.com)


Menurut Kaskus :

GALAU = God Always Listening Always Understanding 
Galau itu ketika kognitif tidak selaras dengan afektif maka terjadilah galau


Menurut Daily Remaja Galau (http://galau.blogdetik.com/galau/) :

Galau adalah Keadaan Dimana seseorang menjadi murung secara mendadak bisa dibilang Manyun Sindrom. Ya , Manyun secara dratis, dimana secara dratis gerak bibir menjadi manyun secara tidak wajar ! waw mengesankan !. Emosional seseorang akan turun dratis menuju titik kesedihan paling dasar.
Penyebab itu semua hanya satu yaitu, ” Banyak pikiran !”. Banyak pikiran yang dimaksud adalah , Bisa jadi karena terlalu banyak memikirkan sesuatu yang nggak jelas. Padahal, sumpah secantik - cantiknya cewek kalau manyun, itu jelek. Hal tersebut berlaku untuk para kaum laki - laki. (aww~aww~aww~ gue ga bakal galau lagi aahh... palge manyun" no no noo!! KALIAN JUGA YA!! hahahaa :D)

Dan menurut gue sendiri adalah :

Lihat pada anime di bawah ini (si Yuuki= vampire knight)
muka galau kayak gitu dah... untung dia cakep meski galau ga jelek-jelek amatlah tampangnya... hmm... terlihat jelas itu muka antara kesedihan dalam suatu kemurungan dari suatu permasalahan yang dianggap tidak ada jalan keluarnya (ciri-ciri muka GALAU) ahahahaa.  




dilihat dari tu foto! dapat diambil kesimpulan GALAU itu perasaan yang tidak jelas alias resah yang dapat membuat kita itu murung, kok gue bisa tau? ? yaialah secara gue korban virus galau itu! haha
next... terkadang perasaan galau itu terasa sangat amat sesak di hati.. yaps biasanya itu terjadi ketika kita terlalu memikirkan banyak permasalahan yang menurut kita tuh gantung/ ga jelas/ bikin dilema/ ga tau pemecah masalah yang tepat dikarenakan cepatnya perubahan fikiran kita terhadap suatu hal yang benar-benar digalaukan dan biasanya itu karena memikirkan 'seseorang' disaat kita sedang jenuh, bosan, rindu setengah mati, capek, jatuh cinta dan sedang banyak kerjaan.

galau itu ga cuma melanda kaum wanita.. kaum laki-laki juga kok buktinya gue pernah punya temen yang galaunya minta ampun saat jatuh cinta ataupun memikirkan permasalahan sekolah atau keluarga.. dan itu semua juga gue akui kalau gue juga pernah dan sangat amat berpengalaman merasakan itu semua. 

galau itu datang tiba-tida disaat kita sadar akan suatu hal yang memang menjadi pokok permasalahan/ sesuatu yang diutamakan oleh kita. 

Contoh GALAU :

1. well contoh pertama yang bakal gue kasi adalah contoh yang paling sering    dirasakan!! kok gue tau? ya secara gue sering banget galau gara-gara 'itu'


dilihat dari wajahnya yang merona tapi terlihat lesu dan murung.. hmm yaps dia itu GALAU, galau gara-gara cinta!!
fiiiuuhh pernah kan ngerasain jatuh cinta?? terus kita tu ga berani ngungkapin apa yang kita rasa saat rindu ga berani bilang rindu, saat cemburu juga ga berani bilang cemburu, terus penasaran dengan perasaan si 'dia' (dia itu suka juga ga sih sama kita?? sayang ga sih? kenapa sikapnya terkadang lembut dan baik ke kita?) yaah itu pertanyaan yang sering muter-muter di kepala nona yang sedang jatuh cinta dan ga nemu jawaban atas pertanyaannya dan akhirnya jadi GALAU deehh murung, resah, perasaan ga jelas, ga enak, sesak, bingung dll. kok gue tau?? yaa kan udah gue bilang ini juga pengalaman gue.. :D 

2. Sedih karena suatu permasalahan


Perlu kalian tahu permasalahan itu bukan cuma karena dia (CINTA), tapi bisa juga karena permasalahan keluarga, sekolah, antar teman dll. contohnya : 

contoh dikeluarga : seorang ibu pusing dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari keluarganya, sementara si anak manja dan suka jalan-jalan, suatu hari ibunya ntu marah sama anak ini.. dari sudut pandang ibu si ibu galau mikirin uang dan tingkah anaknya yang sudah dmarahi dan dinasehati berkali-kali, sementara kegalauan si anak bisa jadi dikarenakan kebingungan atas sikap atau perlakuan ibunya yang melarang ia suka jalan-jalan padahal ia memiliki teman yang selalu diijinkan ibunya untuk pergi main.. nah perasaan sedih, bingung ga tau jawabannya itulah yang dinamakan GALAU.

contoh disekolah : misalnya nih ada anak yang suka mencontek dan akhirnya ketahuan gurunya .. nah dia akan merasakan detik-detik kegalauannya sebelum diberi hukuman atau apalah..
pasti ia akan menjadi bingung apa yang harus dilakukan, takut akan diberi hukuman apa, apakah ortunya kan diberitahu juga ya gitu dah kegalauan untuk porsi anak yang suka nyontek tapi berhati polos dan baik wkwk kan ada tuh anak yang suka nyontek biar ketahuan EGP bangeett 

contoh antar teman : misalnya hemm.. beberapa teman kita tuh suka ngumpul secara berkelpompok dan kadang menghindari kita waahh bisa muncul tuh pikiran dan perasaan yang ga jelas mengenai apa yang sedang terjadi ketika kita merasa tidak melakukan kesalahan apapun maka kita sering ikut diam saja tidak mempeduliakn mereka tetapi kita jadi sering bengong dan saat sadar dengan keadaan itu kita jadi bingun yah itu dah GALAU.

Yaa itu aja deh beberapa contoh kegalauan..

oh ya ini ada sedikit tips mengatasi GALAU

1. Positif thinking pada someone atau permasalan yang ada
2. Berdoa pada Tuhan Yang Maha Penyayang
3. lakukan hal-hal yang berguna dengan memakai otak maupun tenaga kita
4. Coba utarakan isi hati yang kita pendam yang menjadi akar kegalauan tersebut sedikit demi sedikit
5. Yakinlah suatu permasalahan itu pasti ada hikmahnya
6. berusaha ikhlas dengan apa yang terjadi
7. berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan
8. Ingat galau di hari ini ga bakal buat kita merana seumur hidup
9. Jangan mendengarkan lagu-lagu mellow yang bisa buat kita ikutan sedih, murung, resah, ga jelas jadi GALAU deehh (gue sering nih lupa sama poin 9 ni HAHA)
10. Habiskan waktu bersama TUGAS, BELAJAR, HOBI, KELUARGA, dan TEMAN.


cukup 10 tips yaa.. ^^ moga sobat bisa terhindar dari virus kegalauan walaupun hanya 40-50% HAHAHAAA berhubung setiap manusia (termasuk gue) punya HAK untuk merasakan GALAU jadi boleh-boleh sajalah kita galau tapi ingat jangan sampai terlalu alay apalgi jadi kaum ababil.. heheee tetap tersenyum dan semangat yaa!!! (hmm moga gue juga bisa kayak gini hehe)

semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar